Mendagri Tito Sebut Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe Murni Temuan Perbankan

Achmad Al Fiqri ยท Rabu, 21 September 2022 - 17:26:00 WIB
Mendagri Tito Sebut Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe Murni Temuan Perbankan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membantah ada politisasi di kasus yang menjerat Lukas Enembe. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan kasus dugaan korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe murni karena temuan perbankan. Tito menepis anggapan adanya politisasi. 

"Saya sampaikan yang bertanya kepada kami bahwa itu murni dari temuan sistem perbankan. Sistem perbankan itu kami sudah cek juga ke PPATK, yaitu adanya di dalam rekening yang bersangkutan adanya uang yang tidak sesuai dengan profil," tutur Tito saat rapat bersama Komisi II DPR, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Tito mengatakan, hasil penelusuran keuangan Lukas diserahkan PPATK ke KPK. Dari situ, perkara dugaan korupsi Lukas mulai ditelisik oleh lembaga antirasuah.

Tito meyakini, mekanisme penanganan perkara KPK sangat ketat. Apalagi, pimpinan lembaga antirasuah memiliki sifat kolektif kolegial dalam memgambil keputusan. 

"Kalau dia (Lukas Enembe) dipolitisasi partai tertentu orang tertentu, enggak juga. Kemarin KPK dua minggu lalu kalau tidak salah juga menangkap dan menahan Bupati Mimika yang merupakan kadernya Partai Golkar, koalisinya pemerintah," katanya.

Atas dasar itu, Tito menegaskan kembali Kemendagri tidak terlibat dalam kasus dugaan rasuah Lukas Enembe.

"Jadi enggak ada hubungan sama sekali dengan urusan Kemendagri. Kemendagri hanya berusaha menjaga agar situasi politik dan pemerintahannya itu menjadi lebih landai saja. Itu saja," tutur Tito.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda