Musim Hujan, Pemkot Depok Antisipasi DBD dan Chikungunya

Sindonews, R Ratna Purnama ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 06:45 WIB
Musim Hujan, Pemkot Depok Antisipasi DBD dan Chikungunya

Pemkot Depok mengantisipasi potensi DBD dan chikungunya menjelang musim hujan. (Foto: Istimewa)

DEPOK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat mewaspadai potensi demam berdarah dengue (DBD) dan chikungunya yang biasa datang di musim hujan. Peningkatan kewaspadaan disampaikan kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit di Depok.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Depok, Umi Zakiati mengatakan rumah sakit dan puskesmas harus meningkatkan kewaspadaan terhadap kedua penyakit itu di samping fokus penanganan covid-19.

"Imbauan yang kami sampaikan antara lain menangani pasien DBD dan chikungunya sesuai kewenangan dan prosedur tata laksana klinis, melakukan rujukan berjenjang sesuai prosedur berlaku, dan meningkatkan surveilans," ucapnya di Depok, Jumat (16/10/2020).

Umi juga menjelaskan setiap puskesmas dan rumah sakit diminta melaporkan perkembangan kasus DBD dan chikungunya secara rutin kepada Dinas Kesehatan Depok. Selain itu puskesmas dan rumah sakit diharap menggencarkan sosialisasi dan edukasi pemberantasan sarang nyamuk.

"Kami juga mengajak mereka berperan aktif dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui kegiatan menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali barang bekas plus mencegah gigitan nyamuk (3M Plus)," kata Umi.

Editor : Rizal Bomantama