Pakan Satwa Menipis karena Corona, TMII Buka Donasi

Komaruddin Bagja Arjawinangun, Sindonews ยท Senin, 04 Mei 2020 - 06:37:00 WIB
Pakan Satwa Menipis karena Corona, TMII Buka Donasi
Buaya di TMII. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Wabah corona tak hanya berdampak bagi manusia tetapi juga hewan-hewan. Akibat kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah corona, stok pakan untuk satwa-satwa yang dipelihara di kawasan TMII diperkirakan hanya sampai Mei 2020 ini.

Untuk mencukupi kebutuhan pakan satwa, TMII pun membuka donasi yang bisa datang dari siapa pun. Ada tiga lokasi di TMII yang menjadi tempat memelihara satwa-satwa yaitu Taman Burung, Museum Fauna Indonesia Komodo, dan Taman Reptil.

"Kami berupaya mengajak para donatur untuk mendukung kesejahteraan satwa di TMII. Kami berupaya agar satwa yang ada bisa bertahan sampai Juli 2020 dengan asumsi kondisi di bulan Agustus 2020 telah normal," ujar Manager Unit Taman Burung, Museum Fauna Indonesia Komodo, dan Taman Reptil Taman Mini Indonesia Indah, M Piter Kombo di Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Penutupan lokasi rekreasi seperti TMII berpengaruh pada ketersediaan pakan untuk satwa. Pasalnya, pemasukan dari tiket masuk merupakan sumber utama untuk membeli pakan untuk satwa-satwa yang ada.

Masyarakat bisa menyerahkan donasi dalam bentuk buah-buahan, unggas, ikan, serangga, dan uang tunai. Kombo mengatakan target penggalangan donasi pakan untuk satwa di TMII yaitu senilai Rp180 juta.

"Targetnya dalam dua bulan terpenuhi, kalau sudah terpenuhi donasi akan kami tutup," katanya.

Editor : Rizal Bomantama