Pemakaman BJ Habibie, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalin di sekitar TMP Kalibata

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 12 September 2019 - 09:17 WIB
Pemakaman BJ Habibie, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalin di sekitar TMP Kalibata

Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jaksel, Kamis (12/9/2019). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jaksel, Kamis (12/9/2019). Rekayasa mulai diberlakukan pukul 11.00 WIB menjelang proses pemakaman almarhum Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Kepala Satlantas Polres Metro Jaksel, Komisaris Polisi Lilik Sumardi mengatakan, rekayasa lalin menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

"Untuk sementara lihat situasi. Kita alihkan yang dari timur mau ke makam, kita alihkan balik kanan ke Jambul," ujar Lilik ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat, Kamis (12/9/2019).

BACA JUGA:

Latgab TNI di Situbondo Diawali dengan Mengheningkan Cipta untuk BJ Habibie

MUI Serukan Umat Islam Salat Gaib untuk BJ Habibie, Ini Lafal Niatnya

Selain itu, Polda Metro Jaya mengerahkan 278 personel untuk mendukung kelancaran proses pemakaman almarhum BJ Habibie di TMP Kalibata, Jaksel. Para personel ditugaskan untuk mengamankan wilayah dan pengaturan lalin.

"Untuk pengamanan dan pengaturan lantas sejumlah 278 personel," ucap Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi M Nasir

Menurutnya, ada tiga ruas jalan dibebaskan dari aturan ganjil genap nomor pelat kendaraan, yaitu Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto dan Jalan HR Rasuna Said. Kebijakan tersebut hasil kesepakatan dengan Dishub DKI Jakarta untuk memudahkan masyarakat yang ingin bertakziah ke proses pemakaman BJ Habibie.

"Hasil koordinasi dengan Kadishub DKI Jakarta seperti itu. Untuk sore hari ganjil genap itu berlaku normal seperti biasa di 25 ruas jalan," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi