Pemprov DKI Serahkan Draft RPJMD ke Dewan

Antara ยท Rabu, 06 Desember 2017 - 21:47:00 WIB
Pemprov DKI Serahkan Draft RPJMD ke Dewan
Pemprov DKI telah menyerahkan draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 yang mengakomodir visi misi Anies-Sandi kepada DPRD DKI.

JAKARTA,iNews.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah telah menyerahkan draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 kepada DPRD DKI. RPJMD tersebut merupakan gagasan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan – Sandiaga Uno dalam lima tahun mendatang untuk disesuaikan dengan pembahasan DPRD DKI.

“RPJMD ini masih draf awal. Akan tetapi, kami meminta kesepakatan bersama dengan DPRD DKI Jakarta untuk tahap awal draf RPJMD ini,” kata Saefullah di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Pengajuan persetujuan bersama tersebut merupakan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 Tahun 2010.

“Di dalam aturan-aturan tersebut disebutkan bahwa RPJMD harus selesai dalam waktu enam bulan setelah Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta resmi dilantik,” ujar Saefullah.

Kendati demikian, Saefullah berjanji, pihaknya bersama dengan DPRD DKI Jakarta akan berupaya untuk menyelesaikan pembahasan RPJMD tersebut dalam tiga bulan atau 90 hari kerja.

Menurut dia, seluruh poin yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022 telah mengakomodasi seluruh program sekaligus visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Termasuk di antaranya penanganan banjir dan pembangunan infrastruktur di ibukota.

“Program lain yang juga dimasukkan ke dalam RPJMD itu, yakni perluasan layanan pendidikan dan kesehatan, penciptaan lapangan kerja, penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan penyediaan permukiman,”pungkasnya.

Editor : Khoiril Tri Hatnanto