Pemprov Jakarta Sebut Tiang Pancang Konstruksi PT Wika sebagai Penyebab Genangan di Cikini

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:43 WIB
Pemprov Jakarta Sebut Tiang Pancang Konstruksi PT Wika sebagai Penyebab Genangan di Cikini

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara dan Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho memantau genangan di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/1/2020). (Foto: iNews/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Hujan yang mengguyur sejak Sabtu (18/1/2020) dini hari menimbulkan genangan di sejumlah titik di Jakarta. Termasuk di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Taman Ismail Marzuki (TIM).

Kepala Dinas Bina Marga Pemprov Jakarta, Hari Nugroho mengatakan genangan di Cikini terjadi karena saluran air tertutup tiang pancang konstruksi PT Wika. Hal itu disampaikannya usai memantau langsung lokasi.

"Setelah kami lakukan evaluasi ternyata saluran utama dari saluran PHB Cikini tersumbat konstruksi fondasi tiang pancang yang sedang dibangun PT Wika," katanya di lokasi.

BACA JUGA: BPBD DKI: Sabtu Siang 3 Titik Masih Tergenang Air

BACA JUGA: Sempat Naik, Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai Kembali Normal

Hari sudah meminta PT Wika melakukan perbaikan dan evaluasi agar genangan tak lagi terjadi. "Begitu kami lihat di lokasi mereka sudah membuat saluran sementara dengan dua pipa delapan inci yang nantinya akan membuang air ke Kali Pasir," katanya.

Dia memastikan PT Wika akan menyelesaikan pemasangan pipa pembuangan sementara hari ini. "Hari ini mereka mau menyelesaikannya karena rekomendasi dari suku dinas sumber daya air sudah ada, tinggal jalan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan genangan tak terkait proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) yang sedang digarap. "Genangan bukan karena revitalisasi TIM. Di sisi kanan tiang pancang memang ada pekerjaan, lalu tersumbat. Kami bersihkan dan optimistis segera lancar hari ini," ujarnya.


Editor : Rizal Bomantama