Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Dipindahkan ke Kalideres

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 11 Juli 2019 - 16:25 WIB
Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Dipindahkan ke Kalideres

Para pencari suaka di trotoar Jalan Kebon Sirih diangkut dengan menggunakan bus Transjakarta untuk dibawa ke Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2019). (Foto-foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id – Pemprov DKI Jakarta akhirnya memindahkan ratusan pencari suaka yang terlantar di trotoar Jalan Kebon Sirih. Namun bukan ke Jakarta Islamic Center sebagaimana disebut sebelumnya, tetapi ke Kalideres, Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan iNews.id di Jalan Kebon Sirih, para pengusungi ini didata kemudian diangkut dengan tujuh bus low deck Transjakarta. Sejumlah anak-anak para pencari suaka itu tampak gembira menikmati bus tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menuturkan, para pencari suaka akan ditempatkan di lahan bekas Kodim. Pemprov akan membangun tenda pengungsian untuk mereka.

"Pengungsi untuk tidak ada di jalur kepentingan umum ya, di trotoar ya. Makanya saya mau ngecek ke sana (Kalideres), kesiapan tendanya, paling tidak ada (fasilitas) MCK dan air," kata Saefullah di Gedung DPRD, Jakarta. Kami (11/7/2019).

Dia menuturkan, langkah Pemprov DKI sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 126 tahun 2016 yang mengatur tentang penanganan pengungsi luar negeri. Dengan begitu, pihaknya tak menyalahi aturan dalam melakukan relokasi.

"Di beberapa pasal disebutan pemerintah daerah bisa membantu UNHCR (Badan Pengungsi PBB) atas nama kemanusiaan," katanya.

Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi mengungkapkan, pemindahan para pencari suaka ke lahan eks markas Kodim karena tiap hari jumlah mereka semakin banyak. Atas dasar itu, rencana memindahkan ke kawasan Jakarta Islamic Center urung dilakukan.

"Silakan demo ke UNHCR, tapi jangan di sini di trotoar," kata Pras melalui pengeras suara kepada para pencari suaka.


Editor : Zen Teguh