Protes Aturan Ganjil Genap, Pengemudi Transportasi Online Demo di Balai Kota

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 19 Agustus 2019 - 14:07 WIB
Protes Aturan Ganjil Genap, Pengemudi Transportasi Online Demo di Balai Kota

Ratusan sopir transportasi online yang beroperasi di kawasan Jakarta dan sekitarnya berdemonstrasi di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta Senin (19/8/2019). (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Ratusan sopir transportasi online yang beroperasi di kawasan Jakarta dan sekitarnya berdemonstrasi di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta Senin (19/8/2019). Mereka memprotes kebijakan ganjil genap di 26 ruas jalan saat ini sedang diujicoba.

Mereka menilai kebijakan tersebut sangat memberatkan transportasi online. Adanya aturan itu menyebabkan mereka tidak bisa beroperasi sebebas taksi konvensional.

"Hal tersebut sangat memberatkan kami selaku pengemudi transportasi berbasis aplikasi," ujar salah satu pedemo di depan Balai Kota, Senin (19/8/2019).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta seharusnya mempunyai alternatif lain sebelum menerapkan aturan tersebut. Padahal, kata dia Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung ada pengecualian terhadap operasional taksi online dari penerapan perluasan ganjil-genap.

Mereka meminta kepada Pemrov DKI segera mengeluarkan penanda khusus dalam bentuk stiker yang dilekatkan pada kendaraan taksi online agar mereka bisa tidak terkena aturan perluasan ganjil genap.

Stiker tersebut diberikan kepada taksi online yang memenuhi persyaratan saja untuk mengantisipasi penyalahgunaan oknum yang tidak bertangung jawab.

"Kami mengusulkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta sebagai penanda taksi online adalah sticker yang dikeluarkan oleh Kepolisian kepada taksi online yang telah memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118/2018 (PM.118)," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi