PSBB Transisi, Pemprov DKI Hari Ini Rapat Bahas Pasar dan Transportasi

Irfan Maruf ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 06:07 WIB
PSBB Transisi, Pemprov DKI Hari Ini Rapat Bahas Pasar dan Transportasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Pemprov DKI).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar rapat, Kamis (2/7/2020). Rapat khusus membahas terkait pasar dan transportasi umum saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, hasil rapat tersebut akan disampaikan ke publik. Kapan waktu rapat tersebut dimulai, dia tidak mengungkapkan.

"Besok (Kamis, 2 Juli 2020) ada rapat khusus mengenai pasar dan transportasi. Jadi besok saja updatenya mengenai transportasi," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dia menuturkan, akan mengawasi ketat pasar saat perpanjangan PSBB transisi. Pasar, kata dia tempat orang banyak berinteraksi yang berisiko penularan virus corona (Covid-19).

"Kenapa pasar diawasi karena di situlah interaksi," ucapnya.

Menurutnya, kebijakan ganjil genap nomor lapak di pasar tidak berjalan efektif dalam mengendalikan interaksi orang banyak. Sehingga kebijakan tersebut dievaluasi.

"Dalam praktiknya jumlah pengunjung tidak terpengaruh ganjil genap. Transaksinya juga tetap berjalan. Hari ganjil penjual genap menitipkan pada yang ganjil. Hari genap penjual yang ganjil menitipkan pada yang genap," katanya.

Pengendalian interaksi banyak orang di pasar, kata dia akan dilakukan saat memasuki kawasan pasar. "Jadi lebih penting kita mengendalikan jumlah orang yang masuknya daripada mengendalikan di dalamnya," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi