PSBB Transisi, Volume Lalu Lintas di DKI Jakarta Meningkat

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 17:49 WIB
PSBB Transisi, Volume Lalu Lintas di DKI Jakarta Meningkat

Ilustrasi Jalan Sudirman (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menilai volume kendaraan di wilayah DKI Jakarta selama masa Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) transisi meningkat. Bahkan peningkatan volume kendaraan itu sudah mendekati situasi lalu lintas Jakarta yang normal sebelum terjadi pandemi virus corona.

Kepadatan arus lalu lintas itu terpantau pada jam-jam sibuk yakni pada pagi dan sore hari. Polisi yang bertugas tetap bersiaga untuk mengurai arus kemacetan.

"Kalau volume kendaraan dimana masa PSBB transisi ini memang sudah hampir mendekati normal," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Rabu (1/7/2020).

Dia menjelaskan, volume kendaraan yang diklaim meningkat itu dilihat dari berbagai gerbang tol di dalam kota, salah satunya di Halim.

"Angka-angka kita dapatkan dari berbagai gerbang tol baik di Halim Cililitan yang dari arah Bogor, Halim yang dari arah Bekasi maupun Tomang ini menunjukan bahwa angka sudah hampir mendekati normal," ucap Sambodo.

Penguraian arus lalu lintas disebut Sambodo juga terbantu dengan adanya kebijakan pemerintah yang mengatur jam masuk dan pulang kantor.

"Kepadatan sudah mulai terlihat baik pagi dan sore hari maupun tentu saja ada upaya pemerintah, ada surat edaran dari satuan gugus tugas yang menyatakan bahwa ada pembagian jam masuk kantor. Ini saya rasa cukup membantu," kata Sambodo.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq