Reaksi Warga atas Pertemuan Jokowi dan Prabowo, Bikin Adem dan Damai

Felldy Utama, Antara ยท Sabtu, 13 Juli 2019 - 14:38 WIB
Reaksi Warga atas Pertemuan Jokowi dan Prabowo, Bikin Adem dan Damai

Salah seorang pengunjung FX Senayan menunjukkan fotonya bersama Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto saat mendatangi pusat perbelanjaan itu, Sabtu (13/7/2019). (Foto: iNews/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id – Warga Jakarta menyambut gembira pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Stasiun MRT dan dilanjutkan di FX Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Pertemuan itu dinilai langkah yang menyejukkan suasana perpolitikan di Tanah Air.

Seperti diungkapkan Alip (21), warga Kabupaten Bogor, yang ditemui di kawasan Senayan. Dia mengaku bangga karena Jokowi dan Prabowo mampu menunjukkan sikap kenegarawanan yang bisa menjadi contoh para pendukungnya.

“Lihat mereka tadi naik MRT, bikin adem aja,” kata Alip (21), warga Bogor, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

BACA JUGA:

Pidato Lengkap Jokowi saat Bertemu Prabowo di Stasiun MRT Senayan

Ini Pernyataan Lengkap Prabowo saat Bertemu Jokowi

Jokowi-Prabowo sebelumnya menaiki MRT dari stasiun Lebak Bulus pada sekitar pukul 10.12 WIB. Mereka menaiki MRT selama sekitar 15 hingga turun di stasiun MRT Senayan yang berdekatan dengan FX Mall. Keduanya juga menyempatkan makan sate bareng sebagai menu santap siang.

Warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rori (37), juga mengapresiasi pertemuan Jokowi-Prabowo untuk meredakan tensi politik pasca-Pemilu Presiden 2019. “Para elite politik biar enggak saling ribut lagi lah. Pemilu kan udah selesai. Beri kesempatan Pak Jokowi bekerja,” ujar Rori di kawasan Senayan.

Sementara Vanesha, salah satu pengunjung FX Senayan, mengaku kaget mengetahui Jokowi dan Prabowo datang bersama-sama ke pusat perbelanjaan di Jakarta itu. Belakangan dia mengetahui arti penting dari pertemuan dua tokoh nasional itu dan mengaku ikut senang. “Seneng banget. Ada Pak Jokowi ada Pak Prabowo,” ujar Vanesha.

Bahkan, Vanesha mendapat kesempatan berswafoto dengan Jokowi dan Prabowo. Dia pun tidak sabar untuk memamerkan momen bersejarah itu di media sosialnya. “Tapi masih mikirin captionnya apa, soalnya deg-degan banget abis foto tadi,” kata dia.

Apresiasi juga disampaikan penjual topi keliling, Deddy (67), yang biasa mangkal di kawasan Senayan. Bertemunya Jokowi-Prabowo bisa memberikan suasana yang menyejukkan bagi masing-masing pendukungnya.

“Lihatnya kan enak, jadi aman, damai,” ujar warga Tasikmalaya, Jawa Barat, yang sudah berjualan di Jakarta sejak 70-an itu.

Pertemuan tersebut menjadi yang pertama kali setelah 15 hari yang lalu Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan Prabowo-Sandi. MK memutuskan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia terpilih.

Jokowi dalam pernyataanya mengatakan, setelah pertemuannya dengan Prabowo, dia berharap agar para pendukung juga melakukan hal yang sama sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

“Tidak ada lagi yang namanya 01, tidak ada lagi yang namanya 02. Tidak ada lagi yang namanya cebong, tidak ada lagi, tidak ada lagi yang namanya kampret. Yang ada ada adalah Garuda, Garuda Pancasila,” ujarnya.

Sementara Prabowo juga menambahkan. “Sudahlah enggak ada cebong-cebong, enggak ada kampret-kampret, semuanya Merah Putih,” ujar Prabowo.


Editor : Maria Christina