Reaktif Rapid Test Antigen, 101 Penumpang Kereta Api di Jakarta Batal Berangkat

Giri Hartomo ยท Kamis, 24 Desember 2020 - 01:33:00 WIB
Reaktif Rapid Test Antigen, 101 Penumpang Kereta Api di Jakarta Batal Berangkat
Rapid test antigen calon penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 101 calon penumpang kereta api dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen batal berangkat. Mereka dinyatakan reaktif Covid-19 saat menjalani rapid test antigen.

"Dari total 6.700 yang melakukan rapid selama dua hari di dua Stasiun yakni Gambir dan Pasar Senen, sekitar 101 orang di antaranya reaktif," ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dihubungi, Selasa (23/12/2020).

Dia menjelaskan, selama dua hari pada 21 dan 22 Desember 2020 itu, PT KAI telah memberikan layanan 6.700 rapid test antigen di dua stasiun tersebut. Kemudian pada Rabu (23/12/2020) tercatat sudah melayani 2.100 rapid test antigen.

Eva menegaskan, bagi mereka yang kedapatan reaktif tidak diperbolehkan untuk berangkat. Sedangkan biaya tiket akan dikembalikan penuh 100 persen tanpa adanya potongan. 

“Biaya tiketnya nanti dapat diproses refund. Tidak ada (pemotongan). Biaya tiket akan dikembalikan penuh,” ucapnya. 

Selain itu, PT KAI juga akan mengarahkan dan mengkomikasikan yang bersangkutan kepada dokter, puskesmas atau rumah sakit di daerah rumahnya masing-masing. Kemudian orang tersebut nantinya akan diarahkan untuk kembali melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Setiap orang yang reaktif akan diberikan arahan secara khusus oleh tim Dokter untuk yang bersangkutan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan di daerahnya masing-masing atau menuju rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda