Sejarah Duren Tiga, Daerah Rumah Irjen Ferdy Sambo Lokasi Penembakan Brigadir J

Sindonews · Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:49:00 WIB
Sejarah Duren Tiga, Daerah Rumah Irjen Ferdy Sambo Lokasi Penembakan Brigadir J
Rumah Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan dijaga ketat usai penembakan Brigadir J. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Daerah Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan menjadi pembicaraan hangat masyarakat seluruh Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Di kelurahan itu terjadi penembakan terhadap Brigadir J, tepatnya di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Mengutip buku karangan Zaenuddin MH bertajuk ‘212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe’, Duren Tiga merupakan wilayah yang dulunya diyakini memiliki tiga pohon durian. Ketiga pohon itu berukuran besar dan berbuah lebat sehingga terlihat menonjol.

Selain Duren Tiga, terdapat wilayah lain di Jakarta yang menggunakan kata duren alias durian, yakni Tanjung Duren dan Duren Sawit. Menurut Zaenuddin MH, ada penjelasan lain mengenai awal mula nama Duren Tiga ini.

Alih-alih berasal dari keberadaan tiga pohon durian, nama Duren Tiga diketahui dari keberadaan pabrik korek api yakni ‘Duren Tiga’. Pabriknya sendiri konon terletak di pinggir Jalan Raya Duren Tiga Raya.

Korek api yang dihasilkan itu dibungkus dalam kotak korek berwarna hitam dengan gambar atau lambang 3 buah durian. Diketahui, pabrik korek itu sudah pindah ke sebuah wilayah di Jawa Barat.

Saat ini Ferdy Sambo sudah ditetapkan tersangka tewasnya Brigadir J bersama dua ajudannya dan satu asisten dari sipil. Sambo akhirnya mengakui dirinya merekayasa pembunuhan sehingga tampak seperti tembak-menembak.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda