Sekda Jakarta: Kami Tak Pernah Tetapkan Status Darurat Banjir

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 18:42 WIB
Sekda Jakarta: Kami Tak Pernah Tetapkan Status Darurat Banjir

Sekda Pemprov Jakarta, Saefullah. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Jakarta kembali dilanda banjir setelah hujan deras mengguyur ibu kota Senin (24/2/2020) malam hingga Selasa (25/2/2020) pagi. Hal tersebut membuat Pemprov Jakarta dikritik karena tak mampu mengatasi banjir yang datang untuk kesekian kalinya sejak awal tahun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jakarta, Saefullah mengatakan hingga hari ini, Kamis (27/2) seluruh genangan di Jakarta mulai surut. Dia mengingatkan banjir merupakan bencana yang selalu hadir setiap tahun di Jakarta, siapapun gubernur yang menjabat.

Saefullah mengklaim banjir yang terjadi selama ini di Jakarta pasti diselesaikan secara baik oleh jajaran Pemprov Jakarta. Dia menyebut Pemprov Jakarta tak pernah menetapkan status darurat bencana setiap banjir melanda karena mampu menyelesaikannya secara cepat.

"Jakarta ini yang perlu diingat tidak pernah menetapkan keadaan darurat banjir. Artinya kita bisa mengelola dan mengatur berkah berupa hujan," katanya di Balaikota Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dia menegaskan setiap Pemprov Jakarta memiliki program untuk mengantisipasi banjir. Hal itu sudah dilakukan oleh Pemprov Jakarta dengan menurunkan semua pasukan fokus menangani korban.

Lebih lanjut Saefullah mengimbau warga untuk menikmati kondisi yang terjadi. Menurutnya penanganan banjir merupakan proses manajemen air yang juga dilakukan setiap manusia.

"Jadi dinikmati aja. Itu soal manajemen air. Tubuh kita dua per tiganya air, harus ada manajemen juga," katanya.

Editor : Rizal Bomantama