Selamatkan Jakarta, Gubernur Anies Baswedan Lawan Putusan PTUN terkait Reklamasi

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 30 Juli 2019 - 16:15 WIB
Selamatkan Jakarta, Gubernur Anies Baswedan Lawan Putusan PTUN terkait Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menempuh jalur hukum untuk menolak keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Putusan tersebut terkait izin kelanjutan proyek reklamasi pembangunan pulau H di teluk Jakarta oleh PT Taman Harapan Indah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, upaya hukum perlu dilakukan untuk menyelamatkan masa depan Jakarta. Pembangunan pulau H di teluk Jakarta mengancam Ibu Kota karena menimbulkan penurunan permukaan tanah.

"Saya harus bawahi meneruskan reklamasi ini berbahaya untuk masa depan lingkungan hidup Jakarta. Permukaan tanah Jakarta turun, permukaan air lebih tinggi," ujar Anies di Velodrome, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

Menurutnya, reklamasi di teluk Jakarta harus dihentikan. Jakarta kata dia akan menjadi tempat penampungan air karena penambahan wilayah daratan di teluk Jakarta oleh reklamasi.

"Jakarta akan seperti mangkuk yang menerima air. Dari pegunungan air masuk Jakarta, kemudian dari pesisir pantai tidak langsung ketemu laut tapi ketemu daratan yang panjangnya tiga sampai empat kilometer karena reklamasi," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi