Tak Ada Hujan, Desa Cirumpak di Tangerang Terendam Banjir

Isty Maulidya ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 19:15:00 WIB
Tak Ada Hujan, Desa Cirumpak di Tangerang Terendam Banjir
Desa Cirumpak, Kabupaten Tangerang terendam banjir. (Foto MNC Portal).

TANGERANG, iNews.id - Desa Cirumpak di Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang terendam banjir pada Rabu (25/5/2022). Banjir tersebut terjadi saat tak ada hujan di wilayah Tangerang. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat meluapnya Sungai Cimanceuri, Bogor. Air diperkirakan masuk ke pemukiman sejak Selasa, 24 Mei 2022 malam kemarin. Ketinggian air di desa tersebut bahkan cukup tinggi mencapai setengah meter.

"Banjir kiriman ini terjadi sekitar jam 10 malam kemarin, dengan ketinggian 50 sentimeter. Akibat hujan deras di wilayah Bogor yang mengakibatkan meluapnya Sungai Cimanceuri yang membanjiri pemukiman warga," jelas Munir, Rabu (25/5/2022).

Akibat banjir tersebut, setidaknya ada dua wilayah RT yang tergenang yaitu RT 1 dan RT 2, di lingkungan RW 01 dan ratusan rumah terendam. Saat ini tim dari BPBD Kabupaten Tangerang sudah mendatangi lokasi untuk mendata korban banjir.

"Pada kejadian banjir ini ada sekitar 150 kepala keluarga dengan jumlah 130 rumah terendam, tidak ada korban jiwa pada kejadian ini," terang Munir.

Selain itu, BPBD Kabupaten Tangerang juga telah memberikan bantuan logistik bagi warga terdampak. Tim BPBD Pos Kronjo terus berkoordinasi dengan aparatur kecamatan, desa, dan Relawan Kebakaran (RedKar) Kecamatan Kronjo untuk membantu kebutuhan warga terdampak.

"Karena mengingat sampai pukul 14.30 WIB Sungai Cimanceuri volumenya masih tinggi," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: