Tak Setujui Pembangunan Hotel di TIM, DPRD DKI Pangkas Anggaran Jakpro Rp400 M

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 27 November 2019 - 20:57:00 WIB
Tak Setujui Pembangunan Hotel di TIM, DPRD DKI Pangkas Anggaran Jakpro Rp400 M
Rapat Banggar DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/11/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.idDPRD DKI Jakarta hari ini kembali melanjutkan proses pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 dalam rapat Badan Anggaran (Banggar). Dalam pembahasan kali ini, anggota dewan bersama dengan unsur Pemprov DKI Jakarta membahas dana penyertaan modal daerah (PM) untuk badan usaha milik daerah (BUMD).

Dalam pembahasan yang alot tersebut, DPRD mempertanyakan soal pembangunan hotel bintang lima di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) yang bakal dikerjakan oleh salah satu BUMD DKI yaitu PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Wakil Ketua DPRD M Taufik menyarankan PT Jakpro untuk membatalkan pembangunan hotel itu agar tidak menjadi polemik di kemudian hari.

“Mau namanya (hotel itu) apa terserah, pokoknya ada tempat menginap yang saya kira itu kurang menarik bagi masyarakat. Sudah, enggak usah ada hotel di situ,” ucap Taufik dalam rapat Banggar di DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Senada, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono pun meminta PT Jakpro dan SKPD terkait untuk membatalkan pembangunan hotel itu. Dia berdalih, TIM sebagai kawasan pusat budaya dan kesenian bisa rusak akibat pembangunan tempat penginapan tersebut. “Kita harus kembalikan marwah TIM sebagai pusat budaya, maka hal-hal yang berbau bisnis harus disingkirkan,” ujarnya.

Ketua Banggar sekaligus Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi akhirnya memutuskan untuk memangkas anggaran revitalisasi TIM sebesar Rp400 miliar dari usulan awal Rp600 miliar menjadi Rp 200 miliar. Akibatnya, dana PMD yang disetujui untuk Jakpro dalam APBD DKI pun mengalami berkurang dari Rp3,1 triliun menjadi Rp2,7 triliun.

“Ini saya putuskan Jakpro ya. Mungkin saya kurang puas, tapi sebagai hakim saya putuskan (dana PMD) Jakpro Rp 2,706 triliun ya,” kata Prasetyo sambil mengetuk palu sidang.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda