Tekan Penderita Kanker Serviks, Anies Ajak Warga Periksa ke Puskesmas

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 13 Februari 2018 - 19:30 WIB
Tekan Penderita Kanker Serviks, Anies Ajak Warga Periksa ke Puskesmas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan bus berstiker ajakan deteksi dini kanker serviks ke puskesmas. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA,iNews.idKanker serviks menjadi momok bagi masyarakat Indonesia, tidak terkecuali warga Jakarta. Data kematian warga Jakarta akibat kanker serviks mencapai 14 persen dari total 3.900 jiwa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tingginya angka penderita kanker serviks di Jakarta tersebut kerap terjadi karena mesyarakat menyepelekan deteksi dini. Warga baru datang ke rumah sakit setelah menderita kanker stadium.

“Deteksi dini soal persoalan kanker menjadi mendasar. Banyak warga yang datang ke rumah sakit sudah stadium lanjut. Itu yang tidak kita inginkan,” kata Anies di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (13/2/2018).

Untuk menekan penderita kanker serviks, Anies mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mengupayakan untuk melengkapi seluruh peralatan pendeteksi dini kanker serviks di tingkat puskesmas. Pemprov juga gencar menyosialisasikan bahaya kanker serviks, salah satunya dengan meluncurkan bus yang dilengkapi dengan stiker ajakan ke puskesmas untuk mendeteksi dini.

“Fasilitas kita lengkap. Seperti diungkapkan kepala dinas, datang ke puskesmas dan anda akan dilayani secara gratis untuk deteksi dini kanker. Beberapa puskesmas kita sudah memiliki alat kreoterapi. Hasil tes IVA positif dapat dilaksanakan di puskesmas,” ujar Anies.

Kepala Dinas Kesehatan Koesmedi Priharto mengimbau, warga harus menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan gaya hidup yang baik. Serta, menjaga kehidupan yang bersih, benar, dan perilaku baik.

“Jangan datang ke puskesmas itu hanya untuk sakit, tetapi untuk memeriksakan chekup kondisi tubuh kita. Supaya kita enggak datang dalam keadaan yang terlambat,” kata Koesmedi.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto