Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor Digelar di 143 Lokasi

Antara · Rabu, 27 Januari 2021 - 07:05:00 WIB
Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor Digelar di 143 Lokasi
Bupati Bogor Ade Yasin (Foto: Antara)

BOGOR, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, akan menggelar vaksinasi Covid-19 di 143 lokasi yang dimulai pada Kamis, 28 Januari 2021. Vaksinasi itu akan menyasar 12.800 tenaga kesehatan (nakes).

"Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di tempat yang sudah memenuhi syarat, bukan di sembarang tempat," kata Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (26/1/2021).

Menurut dia, dari total 143 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) tersebut, 22 di antaranya merupakan rumah sakit (RS) swasta masih dalam tahap mengusulkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes). Sementara 131 fasyankes lainnya sudah terdaftar dan dievaluasi oleh dinkes yaitu terdiri atas 101 puskesmas, empat RSUD, satu RSPG, satu RSAU, tujuh RS swasta, dan tujuh klinik.

Ade Yasin menyebutkan pada hari pertama pelaksana vaksinasi akan ada pencanangan di Puskesmas Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Bogor.

Pada pencanangan tersebut nantinya Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menjadi orang pertama di Kabupaten Bogor sebagai penerima vaksin. Kemudian ada sembilan orang lagi yang akan menerima vaksin pertama, di antaranya merupakan pemuka agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB).

"Karena saya penyintas Covid-19 yang tidak dibolehkan menerima vaksin, maka Bapak Iwan Setiawan yang akan divaksin perdana bersama sejumlah tokoh agama dan tenaga kesehatan," kata Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor itu.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq