Wali Kota Depok: Belum Ada Hotel Mau Jadi Tempat Isolasi

Sindonews, R Ratna Purnama ยท Rabu, 16 September 2020 - 09:42:00 WIB
Wali Kota Depok: Belum Ada Hotel Mau Jadi Tempat Isolasi
Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto: Antara)

DEPOK, iNews.id - Pemerintah pusat melarang isolasi mandiri dilakukan pasien positif covid-19 di rumah untuk mencegah penularan di pemukiman. Sejumlah lokasi seperti RSD Wisma Atlet dan hotel berbintang tengah disiapkan sebagai lokasi isolasi mandiri.

Pemprov Jakarta memastikan sejumlah hotel bintang dua dan tiga menyatakan siap menyediakan ruang isolasi mandiri. Namun berbeda dengan yang terjadi di Depok, Jawa Barat.

"Kami sudah mencari. Belum ada hotel yang bersedia dijadikan tempat karantina," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Selasa (15/9/2020).

Idris mengakui upaya menyulap hotel sebagai lokasi isolasi mandiri juga tidak mudah. Menurutnya perlu disiapkan saran dan prasarana penunjang.

Dia juga menegaskan pemerintah perlu menambah tenaga kesehatan di hotel yang siap dijadikan lokasi isolasi mandiri. Dan itu menurutnya juga tidak murah.

"Secara teknis operasional memang sulit karena kita harus merekrut tenaga kesehatan, tidak murah juga," ucapnya.

Oleh sebab itu Pemkot Depok fokus mengoptimalkan rumah sakit rujukan covid-19 sebagai lokasi isolasi mandiri. Salah satunya RS Citra Medika, Cilodong.

Editor : Rizal Bomantama