Waspada, Banjir Rob Berpotensi Terjadi di 4 Wilayah DKI Jakarta hingga 17 Juni 

Muhammad Refi Sandi · Minggu, 12 Juni 2022 - 07:45:00 WIB
Waspada, Banjir Rob Berpotensi Terjadi di 4 Wilayah DKI Jakarta hingga 17 Juni 
Kawasan Penjaringan dilanda banjir rob. (Foto: MPI/Yohannes Tobing).

JAKARTA, iNews.id - Empat wilayah pesisir di Provinsi DKI Jakarta berpotensi terjadi banjir rob mulai 11-17 Juni 2022. Hal itu berdasarkan data BMKG Maritim Tanjung Priok, Minggu (12/6/2022).

Adapun wilayah tersebut yakni Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Kepulauan Seribu. 

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya dikutip, Minggu (12/6/2022).

Penyebab banjir rob ini karena fase bulan purnama yang bersamaan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi). Sehingga menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi banjir rob.

Isnawa mengimbau masyarakat untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman BPBD Jakarta. Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok 0813 1676 0711," tandasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda