Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 20 Contoh Soal Survei Karakter, Bisa Jadi Referensi Belajar Peserta Didik 
Advertisement . Scroll to see content

10 Contoh Soal ANBK Kelas 5 SD Numerasi dan Literasi, Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:04:00 WIB
10 Contoh Soal ANBK Kelas 5 SD Numerasi dan Literasi, Lengkap dengan Kunci Jawabannya
Contoh Soal ANBK (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Contoh soal ANBK kelas 5 SD numerasi dan literasi sangat penting untuk dipelajari siswa. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan. 

Tujuan ANBK ini adalah untuk pemerataan sistem pembelajaran di satuan satuan pendidikan dasar (SD/MI), serta pendidikan menengah (SMP/MTs dan SMA/MA/SMK).

Untuk jenjang SD, ANBK dilakukan kepada siswa kelas 5. Sementara itu, untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK, ANBK diterapkan terhadap siswa kelas 2.

Soal asesmen nasional ini dibagi menjadi dua bagian, yakni asesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh soal ANBK kelas 5 SD numerasi dan literasi yang bisa menjadi referensi belajar siswa.

Contoh Soal ANBK Kelas 5 SD Numerasi dan Literasi

Soal ANBK Numerasi

1. Ayah hendak mengganti ubin kamar Badrun dengan yang baru. Kamar Badrun memiliki luas 4 m x 8 m. Badrun memilih ubin dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Maka, berapa ubin baru yang harus dibeli ayah untuk mengganti ubin kamar Badrun?

A. 200 ubin
B. 400 ubin
C. 20 ubin
D. 40 ubin

Penyelesaian:
Pertama, ubah ukuran ubin menjadi cm yakni 400 cm x 800 cm. 
Dengan ukuran 40cm x 40cm, maka banyak ubin yang diperlukan berdasar panjang ruangan yakni 10 dan 20 untuk lebarnya. 10 x 20 = 200 ubin.
Jadi, jawaban yang benar adalah A.

2. Desi, Putra, Safak, Aris dan Santi pergi ke toko tas. Mereka membeli tas dengan harga yang berbeda-beda.

Berikut harga tas yang dibeli:

• Desi membeli tas seharga Rp246.400,00.
• Putra membeli tas seharga Rp56.300,00.
• Safak membeli tas seharga Rp125.500,00.
• Aris membeli tas seharga Rp75.600,00.
• Santi membeli tas seharga Rp279.800,00.

Manakah pernyataan berikut yang benar? Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!
A. Tas Aris seharga tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah.
B. Tas Desi seharga dua ratus empat puluh enam ribu empat ratus rupiah.
C. Tas Putra seharga lima puluh enam ribu tiga ratus rupiah.

Jawaban: (B) Tas Desi seharga dua ratus empat puluh enam ribu empat ratus rupiah dan (C) Tas Putra seharga lima puluh enam ribu tiga ratus rupiah.

3. Sebuah bongkahan objek penelitian di laboratorium disimpan dalam freezer dengan suhu -14℃, jika dikeluarkan dari freezer objek penelitian tersebut akan mengalami kenaikan suhu yakni 1,5 ℃ setiap 3 menit. Maka objek penelitian tersebut dikeluarkan dari freezer selama 12 menit akan berada di suhu…℃.

A. -6℃
B. 6℃
C. -8℃
C. 8℃

Penyelesaian:
Jika berada di luar freezer selama 12 menit maka suhu akan naik sebanyak:

1,5 ℃=3 menit x ℃=12 menit
1,5x=3123 x=18x=6℃
Maka suhu akan naik sebanyak 6℃, sehingga:
-14℃+6℃=-8℃

4. Yusuf membeli gula merah 14 kg untuk membuat cendol. Karena kurang, Yusuf membeli lagi gula merah sebanyak 0,85 kg. Setelah selesai membuat cendol, ternyata masih tersisa 30% dari keseluruhan gula merah. Berapakah gula merah yang digunakan Yusuf untuk membuat cendol adalah….
A. 0,77 kg
B. 0,7 kg
C. 0,33 kg
D. 0,3 kg

Penyelesaian: 
Total gula merah Yusuf adalah 14kg + 0,85 kg = 0,25 kg + 0,85 kg = 1,1 kg.
Gula merah yang tersisa adalah 30%:30100 x 1,1 kg = 0,33 kg.
Maka gula merah yang digunakan untuk membuat cendol adalah 1,1 kg - 0,33 kg = 0,77 kg.
Jadi, jawaban yang benar adalah A.

5. Bibit tanaman yang sudah ditanam sebanyak 128 batang.
Bibit melati dan kamboja yang sudah ditanam masing - masing 35 batang.
Berdasarkan informasi di atas, berilah tanda centang (√) pada kolom benar atau salah dari setiap pernyataan berikut!

A. Banyak bibit yang belum ditanam adalah 72 batang. [benar/salah]
B. Bibit mawar yang belum ditanam adalah 45 batang. [benar/salah]

Jawaban: A (Benar), B (Salah)

Soal ANBK Literasi

1. Perhatikan teks berikut ini.

Uniknya Burung Scarlet Ibis
Di kepulauan tropis Karibia, Amerika Selatan, terdapat sebuah burung unik yang bernama scarlet ibis.
Ukuran burung scarlet ibis terbilang cukup besar dengan panjang mencapai 70 cm dan berat sekitar 700-900 gram.

Salah satu hal unik yang terpancar dari burung ini adalah bulunya yang sangat indah. Warna bulunya terbilang sangat merah. Akan tetapi, warna merah tersebut baru terlihat saat burung scarlet ibis beranjak dewasa.

Ketika lahir, warna burung ini bisa dibilang beraneka ragam, mulai dari abu-abu, cokelat, putih atau campuran ketiganya. Saat burung ini memasuki fase remaja, baru warna bulunya perlahan-lahan menjadi merah merona.

Astaxanthin jadi salah satu zat yang membuat warna burung iblis terlihat enak dipandang. Astaxanthin merupakan zat warna merah alami yang didapatkan burung scarlet dari makanan favoritnya, yaitu kepiting merah dan udang.

Satu hal yang sangat disayangkan dari burung ini adalah warna bulunya bergantung pada makanan yang ia konsumsi. Warna bulu scarlet ibis bisa tiba-tiba berubah jadi abu-abu atau putih saat burung ini kekurangan asupan makanan favoritnya.

Oleh karenanya, burung-burung scarlet ibis yang dipelihara di kebun binatang biasanya diberi makanan yang mengandung buat bit dan wortel supaya warna bulunya tetap indah dan sejuk dipandang.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
Jika kamu mendapat tugas merawat burung scarlet ibis, apa yang akan kamu lakukan agar warna bulu burung itu tetap merah menyala?

Pembahasan:

Jawabannya adalah memberi makanan berupa buah bit, wortel, kepiting merah, dan makanan berupa udang.

2. Baca teks berikut ini dengan seksama.

Ketika Gilang Ingin Seperti Kak Sita

Gilang ingin seperti Kak Sita. Pintar menggambar dan bercerita. Gilang ingin belajar menggambar, tetapi Kak Sita tak mau mengajari. Kak Sita juga sering mengikuti pentas menyanyi dan menari. Menari di atas panggung diiringi musik sepertinya asyik. 

Kak Sita juga pintar menari. Gilang ingin seperti Kak Sita. Namun, Kak Sita berlatih sendiri di sanggar tari depan rumah. Diam-diam Gilang mengikuti.

Tiba-tiba Kak Sita menoleh ke arah Gilang. Oh-Oh. Kak Sita tidak suka. Anak laki-laki tak boleh menari Bondan, kata Kak Sita menasehati Gilang.

Tari Bondan untuk anak perempuan. Kak Sita menyuruh Gilang menunggu.
Gilang bosan menunggu. Gilang ingin menari. Eh, di sana ada apa? Samar-samar Gilang mendengar suara musik pengiring tarian. Ternyata ada tarian untuk Gilang. Gilang suka menari tari Jaranan. Tari untuk anak laki-laki.

Gilang juga suka tari kelinci. Gilang senang bisa pentas menari bersama Kak Sita.

Mengapa Gilang diam-diam mengikuti Kak Sita menari?
A. Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita.
B. Gilang dimarahi oleh Kak Sita karena menari.
C. Gilang tidak diajak oleh Kak Sita latihan menari.

Jawaban: A. Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita dan C. Gilang tidak diajak oleh Kak Sita latihan menari.

3. Cendana mendapat undangan pesta di balai kota. Ia ingin datang dan membawa makanan istimewa. Nama makanan itu gado-gado.

Cendana sudah menyiapkan bahannya. Ada cabai, bawang merah, dan bawang putih. Cendana juga menyiapkan kacang, garam, gula merah. Semua bumbu dihaluskan jadi satu.

Selanjutnya, Cendana memotong lontong, kentang, dan sayur-sayuran. Semua bahan dan bumbu dicampur dan dituang bumbu kacang yang sudah dihaluskan.

Begitu matang, gado-gado itu akan dibawa ke istana. Sekarang Jendana sudah sampai di istana. Cendana memberikan gado-gado buatannya pada Tuan Putri. Sebenarnya, Cendana takut Tuan Putri gak menyukai gado-gado tersebut.

Syukurlah, Tuan Putri suka sekali dengan gado-gado Cendana. Ia bahkan juga menawarkan pada tamu undangan yang lain. Cendana senang sekali.

Di istana, Cendana merasa takut karena…
A. Ia belum pernah diundang ke istana.
B. Ia tidak mengenal tuan putri
C. Ia hanya membawa gado-gado buatan sendiri.
D. Ia khawatir tuan putri tidak menyukai gado-gado buatannya.

Jawaban: D

Teks bacaan untuk soal nomor 4 dan 5.

Dokter Buku 
Sekolahku mengadakan perlombaan. 
Anak yang paling banyak membaca buku akan menjadi pemenang. Dia akan mendapat gelar “Monster Buku”. 
Aku dan Tuti ikut meminjam beberapa buku di perpustakaan. 
Buku yang dipinjam Tuti ternyata halamannya banyak yang lepas. Ia dibantu ibunya memperbaiki buku yang rusak di rumah. 

Tuti jadi bersemangat untuk meminjam lebih banyak buku. Buku yang dipinjam adalah buku yang rusak dan perlu diperbaiki. 
Tibalah saatnya gelar “Monster Buku” diumumkan. Gelar itu diraih oleh Tuti. 

Tuti diminta tampil untuk menceritakan isi buku yang dipinjam. Tuti langsung maju. Dengan gugup Tuti bercerita. Ia meminjam banyak buku hanya untuk diperbaiki, bukan dibaca. 
Gelar “Monster Buku” tidak jadi diberikan. Tuti akhirnya mendapat gelar baru, “Dokter Buku”.

4. Apa yang membuat Tuti bersemangat untuk meminjam banyak buku? 
A. Meraih gelar “Monster Buku”. 
B. Mengikuti perlombaan di sekolah. 
C. Meraih gelar “Dokter Buku”. 
D. Memperbaiki buku-buku yang rusak.

Jawaban: A.

5. Gelar apa yang akhirnya didapatkan oleh Tuti?

Jawaban: gelar Dokter Buku

Itulah beberapa contoh soal ANBK kelas 5 SD numerasi dan literasi yang bisa menjadi referensi belajar siswa. Selama belajar.

Editor: Komaruddin Bagja

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow

Related News

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut