11 Contoh Soal PPKB Pedagogik 2 dan Jawabannya Lengkap untuk Dipelajari
JAKARTA, iNews.id - Contoh soal PPKB Pedagogik 2 penting untuk dipelajari sebagai salah satu cara lulus seleksi. Berikut contoh soal dan jawabannya.
Sebagai informasi, tes pedagogik adalah satu tes dalam seleksi PPPK Guru. Tes ini terkait dengan keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh setiap calon pengajar.
1. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi di komunikasi pembelajaran dengan para mahasiswa, yakni..
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggan dan rasa percaya diri peserta didik
Jawaban: D
2. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada..
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
d. Kemampuan belajar
d. Strategi pembelajaran
Jawaban: D
3. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini
a. Intake siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Intake siswa, tingkat kesulitan dan sarana pendukung
d. Bakat dan minat siswa
Jawaban: C
4. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut
a. Fakta, konsep, prinsip, prosedur dan sikap
b. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. Konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
d. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
Jawaban: B
5. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan
a. Indikator
b. Sumber belajar
c. Kompetensi dasar
d. Metode pembelajaran
Jawaban: C
6. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut..
a. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
b. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
c. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
d. Mengadakan tes remidi
Jawaban: A
7. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk..
a. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
b. Mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. Mengukur ketuntasan peserta didik
d. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
Jawaban: A
8. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memerhatikan..
a. Substansi, konstruksi, validitas, skor
b. Substansi, konstruksi, bahasa
c. Substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
d. Substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
Jawaban: B
9. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek..
a. Kognitif, psikomotor, afektif
b. Afektif, kognitif, mental
c. Kepribadian, kognitif, afektif
d. Kognitif, kepribadian, psikomotor
Jawaban: A
10. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah
a. Kompetensi dasar mata pelajaran
b. Standar kompetensi
c. Kompetensi dasar
d. Kompetensi
Jawaban: A
11. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah
a. Kompetensi
b. Standar kompetensi mata pelajaran
c. Kompetensi dasar
d. Standar kompetensi
Jawaban: C
Selamat belajar contoh soal PPKB pedagogik 2 dan semoga sukses!
Editor: Puti Aini Yasmin