8 Cara Mengirim CV dan Lamaran Kerja lewat Email, Dijamin Dilirik HRD!
JAKARTA, iNews.id - Cara mengirim CV dan lamaran kerja lewat email yang baik dan benar ini patut untuk diketahui. Dijamin CV kamu bakal dilirik oleh HRD perusahaan tersebut.
Di era digital seperti saat ini, email menjadi media komunikasi yang mudah dan praktis untuk digunakan.
Oleh sebab itu, email kerap dimanfaatkan untuk mengirimkan dokumen-dokumen penting, seperti CV dan surat lamaran kerja. Namun, mengirim lamaran kerja lewat email tidak bisa dilakukan sembarangan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lamaran kerja Anda dipertimbangkan oleh perusahaan. Panduan ini sekaligus meningkatkan peluang lamaran Anda diterima oleh perusahaan.
Lalu, bagaimana langkah-langkah mengirim CV dan lamaran kerja lewat email? Simak panduannya berikut ini, yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Kamis (28/12/2023).
Email yang tepat untuk digunakan mengirim surat lamaran kerja adalah email yang terlihat profesional. Sementara itu, penamaan alamat email yang rumit dan tidak sesuai nama pelamar membuatnya terkesan tidak profesional.
Sebagai contoh, hindari alamat email seperti [email protected] atau [email protected]. Akan lebih baik jika Anda menggunakan alamat email [email protected] atau [email protected].
Pastikan Anda telah menyiapkan dokumen sesuai dengan persyaratan yang diminta. Biasanya, perusahaan meminta pelamar untuk mengirim dokumennya dalam format PDF.
Jika terdiri dari beberapa file, akan lebih baik jika Anda bisa menggabungkannya menjadi satu file. Namun apabila diminta untuk melampirkan file-file tersebut secara terpisah, Anda harus melakukannya sesuai persyaratan.
Setelah menyiapkan dokumen, Anda harus memberi nama file satu per satu. Penamaan file disesuaikan dengan isi file dan diikuti dengan nama Anda.
Sebagai contoh: CV_Ari Wibowo atau Ijazah - Sule.
Ukuran file yang terlalu besar dapat membuat email Anda sulit untuk dibuka. Oleh karena itu, pastikan untuk kompres file-file yang Anda lampirkan sebelum dikirim.
Anda bisa menggunakan compressor yang banyak tersedia di internet secara gratis.
Subjek email merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh penerima email. Oleh karena itu, penting untuk membuat subjek email yang menarik dan informatif.
Subjek email sebaiknya berisi informasi tentang jabatan yang Anda lamar dan nama Anda. Namun dalam beberapa lowongan pekerjaan, subjek email biasanya telah ditentukan, sehingga Anda harus mengikuti ketentuan tersebut.
Jangan sekali-kali mengirim surat lamaran kerja tanpa menuliskan sesuatu pada body email. Tulisan Anda pada body email diibaratkan sebagai pengantar email Anda.
Pada body email, Anda harus menuliskan beberapa hal berikut ini:
Sapaan untuk perekrut.
Perkenalan diri singkat (nama, job title, dan pendidikan terakhir).
Sebutkan sumber Anda mendapatkan informasi lowongan kerja pada perusahaan yang dilamar.
Tuliskan tujuan Anda mengirim email, yakni melamar pekerjaan.
Sebutkan posisi yang ingin dilamar.
Jelaskan alasan ingin melamar pekerjaan tersebut.
Jelaskan pengalaman kerja/magang/pengalaman lain yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.
Harapan agar diterima kerja atau dipanggil untuk interview.
Jelaskan kalau Anda melampirkan CV dan dokumen lain yang dibutuhkan.
Salam dan terima kasih.
Setelah menyiapkan CV, Anda bisa melampirkannya bersama dokumen lain yang dibutuhkan. Pada beberapa posisi, portofolio biasanya juga diperlukan, sehingga tak boleh terlewatkan.
Sebelum dikirim, periksa kembali email Anda dengan teliti. Pastikan tidak ada kesalahan ketik atau informasi yang terlewat.
Demikianlah cara mengirim CV dan lamaran kerja lewat email dengan benar. Dengan mengikuti tips-tips di atas, lamaran kerja Anda akan lebih berpeluang untuk diterima oleh perusahaan.
Editor: Simon Iqbal Fahlevi