99 Persen Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan, BMKG: Waspada Banjir dan Longsor di 11 Provinsi

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 19:39 WIB
99 Persen Wilayah Indonesia Masuk Musim Hujan, BMKG: Waspada Banjir dan Longsor di 11 Provinsi

BMKG menyampaikan laporan hasil analisis perkembangan musim hujan, Kamis (30/1/2020). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan 99 persen wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Hal itu bakal berlangsung hingga Maret 2020 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan puncak musim hujan akan dimulai sekitar Februari 2020. "Februari ini kita akan memasuki puncak musim hujan sampai Maret. Masyarakat di beberapa wilayah di indonesia perlu waspada terhadap peluang curah hujan tinggi," katanya di Kantor BMKG, Jakarta, Rabu (30/1/2020).

BMKG memprediksi sebagian besar Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua berpotensi mengalami curah hujan tinggi pada awal Februari. Sementara hanya sebagian kecil Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Papua yang diprediksi belum memasuki musim hujan.

Rita mengatakan tingginya curah hujan meningkatkan potensi banjir dan tanah longsor di sejumlah provinsi. Dia mengingatkan hal tersebut agar setiap pemerintah daerah mempersiapkan diri.

"Wilayah yang berpotensi mengalami banjir dan tanah longsor adalah Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua," ujarnya.

BMKG juga memprediksi terjadi gelombang tinggi 2,5 meter sampai empat meter (rough sea) di Laut Natuna Utara, perairan utara Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, Samudra Hindia selatan Jawa, perairan Sangihe - Talaud, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik di utara Halmahera.


Editor : Rizal Bomantama