Achmad Yurianto: Masker Kain 60 Persen Efektif Cegah Penularan Corona

Rizki Maulana ยท Kamis, 09 April 2020 - 20:08 WIB
Achmad Yurianto: Masker Kain 60 Persen Efektif Cegah Penularan Corona

Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Virus corona hingga kini telah menginfeksi lebih dari 3.200 orang di Indonesia. Pemerintah terus mengimbau masyarakat disiplin melaksanakan physical distancing.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto mengatakan solusi terbaik untuk mencegah penularan corona yaitu dengan berkegiatan di rumah saja. Jika terpaksa keluar rumah Yuri meminta masyarakat selalu menggunakan masker kain.

Menurutnya masker kain memiliki keefektifan hingga 60 persen untuk mencegah penularan. Masyarakat diimbau menggunakan masker kain dan tidak membeli masker bedah yang diprioritaskan untuk tenaga medis.

"Masker kain sudah cukup. Data menunjukkan masker kain lebih dari 60 persen efektif mencegah penularan," kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Yuri juga meminta masyarakat sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik untuk membunuh corona. Apalagi setelah bepergian dari luar rumah.

Dia menegaskan masyarakat merupakan ujung tombak mencegah penularan virus corona semakin luas di Indonesia. Yuri juga berharap masyarakat selalu menaati arahan dari pemerintah.

"Kunci keberhasilannya di masyarakat," katanya.

Editor : Rizal Bomantama