Akses Telepon di Jayapura Terputus, Rudiantara: Ada yang Potong Kabel Telkomsel

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 29 Agustus 2019 - 23:51 WIB
Akses Telepon di Jayapura Terputus, Rudiantara: Ada yang Potong Kabel Telkomsel

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Foto: iNews.id/Dok.)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, memastikan tidak ada pemutusan total (blackout) layanan telekomunikasi di Jayapura, Papua. Menurut dia, kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data di daerah itu.

“Sementara, layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan,” ungkap Rudiantara melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Akan tetapi, akses komunikasi menggunakan telepon dan pesan singkat di Jayapura hari ini tiba-tiba terputus, sehingga masyarakat tidak dapat menghubungi satu sama lain. Rudiantara menuturkan, yang terjadi sebenarnya yaitu ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang menyebabkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura.

Dia menjelaskan, pihak Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali. “Kami juga sudah koordinasi dengan Polri/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil