Badan Geologi Imbau Warga di Sekitar Anak Krakatau Gunakan Masker

Aditya Pratama ยท Kamis, 27 Desember 2018 - 12:51 WIB
Badan Geologi Imbau Warga di Sekitar Anak Krakatau Gunakan Masker

Sekretaris Bidang Geologi KESDM, Antonius Ratdomopurbo, menjelaskan peningkatan status Gunung Anak Krakatau menjadi siaga, di Gedung KESDM, Jakarta, Kamis (27/12/2018). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.idBadan Geologi Kementerian Enegeri Sumber Daya Mineral (KESDM) mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di sekitar Gunung Anak Krakatau untuk mengenakan masker. Langkah itu bertujuan untuk mengantisipasi terhirupnya abu vulkanik yang bertebaran akibat aktivitas gunung api tersebut.

Sebelumnya, Badan Geologi KESDM telah menjelaskan bahwa status Gunung Anak Krakatau mulai hari ini telah naik dari level waspada menjadi siaga. “Masyarakat agar menyiapkan masker, karena ini mulai ada abu,” ujar Sekretaris Bidang Geologi KESDM, Antonius Ratdomopurbo, di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Purbo—sapaan Antonius Ratdomopurbo—mengatakan, penyebaran abu vulkanik Gunung Anak Krakatau sangat bergantung pada arah angin. Oleh karena itu, dia menekankan pentingya penggunaan masker oleh penduduk yang tinggal di sekitar gunung, khususnya masyarakat di Banten dan Lampung. “Yang mendekat sisi Banten atau Lampung, yang merasa ada abu, lebih baik memakai masker,” ucapnya.

BACA JUGA: Status Gunung Anak Krakatau Siaga, Ini Penjelasan Badan Geologi ESDM

Terkait informasi lebih lanjut mengenai aktivitas gunung tersebut, Purbo menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar tidak mendapatkan informasi yang simpang-siur.

“Tentu saja, kadang-kadang kita dihadapkan info yang kurang tepat, sebaiknya tetap berkoordinasi dengan BPBD setempat,” tuturnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil