The Untold Story

Begini Sepak Terjang Partai Berlambang Palu Arit di Indonesia

iNews ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 18:59 WIB
Begini Sepak Terjang Partai Berlambang Palu Arit di Indonesia

Mengenal sepak terjadi Partai Komunis di Indonesia. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Awal tahun 1900-an, Indonesia menjadi wilayah jajahan Belanda paling menghasilkan kekayaan alam yang melimpah dari rempah, kopi, teh, dan sawit. Hasil alam tersebut menyumbangkan kekayaan besar bagi pembangunan kerajaan Belanda.

Sistem tanam paksa dan ekploitasi buruh oleh pemerintah Hindia Belanda menyebabkan rakyat Indonesia sengsara bukan kepalang. Di tengah kemiskinan inilah komunisme lahir di Indonesia.

Sejarah mencatat PKI begitu getol memperjuangkan hak buruh, mengorganisir pemogokan, maupun mengkritik pemerintah Hindia Belanda lewat beragam tulisan. Beberapa menyebut aksi PKI pada 1926 sebagai pemberontakan. Beberapa yang lain lebih menyebutnya sebaga perlawanan.

Jalan panjang perjuangan komunis di Indonesia justru habis setelah peristiwa 30 September 1965. Partai Komunis Indonesia menjadi pihak yang dianggap bertanggung jawab atas terbunuhnya para jenderal angkatan darat.

Sejak 12 Maret 1966, sehari setelah Supersemar diberikan dari Presiden Sukarno kepada Jenderal Suharto, PKI menjadi partai terbuang, ideologinya terlarang, simpatisan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan partai berlambang palu arit ini pun ditendang.

Nah, ingin tahu sepak terjang partai berlambang palu arit tersebut di Indonesia? Yuk, saksikan The Untold Story episode Palu Arit di Indonesia pada Rabu (14/8/2019), pukul 19.30 WIB, hanya di iNews.

Video Editor: Mochamad Nur



Editor : Tuty Ocktaviany