BMKG Minta Waspada Potensi Banjir Rob di Pesisir Utara dan Selatan Jawa 19-21 Juni

Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 01:15 WIB
BMKG Minta Waspada Potensi Banjir Rob di Pesisir Utara dan Selatan Jawa 19-21 Juni

Banjir rob di Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir rob yang diperkirakan terjadi di pesisir utara dan selatan Pulau Jawa pada 19-21 Juni 2020. Masyarakat pesisir diminta meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi bencananya.

Pesan itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/6/2020). Wilayah pesisir utara Pulau Jawa yang harus waspada akan potensi banjir rob pada periode tersebut yaitu Jakarta, Pekalongan, Semarang, Demak hingga pantai utara Jawa Timur.

"Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi potensi bencana banjir pesisir," kata Mulyono.

Sementara itu banjir rob juga berpotensi terjadi di pesisir selatan Jawa berlanjut hingga Bali dan Nusa Tenggara. Menurutnya pada awal Juni banjir rob melanda sejumlah titik di pantai utara Jawa termasuk wilayah Banten.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BBNPB, Raditya Jati menyebut banjir rob pada 5 Juni 2020 melanda Kota Tegal, Kota Semarang, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Kendal. Bahkan saat itu banjir rob juga melanda pesisir selatan Jawa, tepatnya di Kabupaten Kebumen dengan ketinggian air antara 250-600 sentimeter.

Editor : Rizal Bomantama