BMKG: Waspadai Potensi Longsor dan Banjir Bandang saat Desembar

Martin Ronaldo ยท Rabu, 23 November 2022 - 03:04:00 WIB
BMKG: Waspadai Potensi Longsor dan Banjir Bandang saat Desembar
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Ist.)

JAKARTA, iNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati akan potensi bencana longsor di Jawa Barat. Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, intensitas hujan di provinsi itu pada Desember terbilang tinggi.

“Kita sebentar lagi masuk Bulan Desember dan Jawa Barat ini relatif tidak memiliki musim kemarau, jadi hujan terus hingga perlu disiapkan, diwaspadai adanya potensi bencana ikutan seperti longsor,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

Dia menjelaskan, material rontokan lereng imbas dari gempa bumi di Cianjur, baru-baru ini, juga harus diwaspadai. “Dan yang cukup penting untuk diwaspadai adalah material rontokan lereng-lereng akibat gempa. Banyak titik longsor,” tuturnya. 

Dwikorita mengatakan, material-material tersebut dapat membendung lembah sungai di lereng atas. Jika hujan turun terus-menerus, bendung air hujan itu pada akhirnya bisa mendesak onggokan tanah longsor tadi. Akibatnya, ketika bendung itu jebol, aliran deras air itu pun menimbulkan banjir bandang.

“Sehingga yang perlu dijaga adalah upaya untuk dari PUPR untuk membersihkan onggokan-onggokan yang di atas,” kata dia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda