BPIP Minta Produsen Hoaks Hentikan Kebiasaan Buruk Tipu Masyarakat

Felldy Utama ยท Senin, 01 Juni 2020 - 23:01:00 WIB
 BPIP Minta Produsen Hoaks Hentikan Kebiasaan Buruk Tipu Masyarakat
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi (kiri). (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meminta kepada para oknum pembuat atau produsen berita bohong (hoaks) untuk menghentikan kebiasaan buruknya. Indonesia butuh persatuan, bukan perpecahan dan fitnah yang bisa memecah-belah bangsa.

Pernyataan ini disampaikan Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam perbincangan memperingati Hari Lahir Pancasila. Yudian menuturkan, Indonesia sedang menghadapi wabah virus corona atau Covid-19. Terkait itu, penting agar seluruh elemen masyarakat tidak saling menyalahkan.

Sebaliknya, dia meminta seluruh komponen bangsa bergotong royong dan rukun dalam menghadapi pandemi ini. Wabah Covid-19 merupakan ujian yang tidak hanya menimpa Indonesia, namun juga seluruh Indonesia.

"Marilah yang begini-begini (sebar hoaks) kita hentikan. Kita bicara secara objektif bahwa ini ujian untuk dunia bukan hanya Indonesia, dan pemerintah sudah melakukan itu dengan segala kemampuannya," kata Yudian, Senin (1/6/2020).

Dia mengingatkan, menyebar berita bohong atau hoaks terkait pandemi Covid-19 justru akan mempersulit keadaan. Informasi itu hanya akan menyesatkan dan menipu masyarakat.

"Marilah kita yang suka bikin hoaks itu menghentikan yang begitu-begitu karena ini akan menipu masyarakat, menipu diri kita sendiri, yang jika kita lepas kontrol maka akan terjadi apa yang tidak pernah kita inginkan," ujarnya.

Editor : Zen Teguh