Breaking News: Kapolri Bubarkan Satgassus Polri yang Pernah Dipimpin Irjen Ferdy Sambo

Faieq Hidayat ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 19:41:00 WIB
Breaking News: Kapolri Bubarkan Satgassus Polri yang Pernah Dipimpin Irjen Ferdy Sambo
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mako Brimob, Kamis (11/8/2022) malam. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membubarkan Satgassus Polri. Penghentian kegiatan satuan yang pernah dipimpin oleh Irjen Ferdy Sambo ini menyusul penetapan mantan Kadiv Propam itu sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat.

Hal ini disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mako Brimob, Kamis (11/8/2022) malam.

"Kapolri sudah menghentikan kegiatan dari Satgassus Polri. Artinya sudah tidak ada lagi kegiatan Satgassus Polri," kata Dedi.

Dedi tidak menjelaskan penyebab penghentian kegiatan Satgassus. Satuan ini diketahui merupakan jabatan nonstuktural di Korps Bhayangkara.

"Menurut pertimbangan, untuk efektivitas kinerja orgsnisasi, maka lebih diutamakan, atau diberdayakan satker-satker yg menangani berbagai macam kasus sesuai tupoksi masing-masing. Sehingga Satgassus dianggap tidak perlu lagi dan diberhentikan hari ini," katanya.

Satgassus Merah Putih dibentuk pada 2019 oleh Kapolri yang saat itu dijabat Jenderal Tito Karnavian.

Ferdy Sambo ditunjuk sebagai Kasatgassus Merah Putih pada 20 Mei 2020. Saat itu, dia masih menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Namun, Sambo dinonaktifkan dari jabatan tersebut menyusul penonaktifannya sebagai kadiv propam. Sambo akhirnya dicopot dari jabatannya tersebut.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda