BSSN: Banyak Sekali Potensi Ancaman Siber Menjelang Pemilu 2019

Antara ยท Senin, 17 September 2018 - 17:14 WIB
BSSN: Banyak Sekali Potensi Ancaman Siber Menjelang Pemilu 2019

Ilustrasi ancaman siber. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebutkan banyak potensi ancaman siber menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Karena itu, memperkuat pertahanan sistem informasi menjadi satu keharusan bagi semua pihak yang berkepentingan, terutama lembaga penyelenggara pemilu.

“Banyak sekali (potensi ancaman siber). Ya, kan juga bisa kita lihat di media. Nanti kalau saya sebutin semua, kok, terlalu banyak ya?” kata Kepala BSSN Djoko Setiadi di sela Pameran Reformasi Birokrasi Expo di Kantor BSSN, Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018).

Menurut Djoko, untuk mengatasi ancaman siber itu, pihaknya akan merangkul semua lembaga yang memiliki kemampuan siber mumpuni agar pelaksanaan Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) dan Pilpres 2019 berjalan aman dan lancar. “BSSN akan menggandeng dan merangkul semua komponen bangsa yang mempunyai kompetensi dan mempunyai kekuatan siber. BSSN bekerja bersama-sama sehingga tidak bekerja sendirian,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Djoko mengatakan bahwa Pameran Reformasi Birokrasi Expo yang diadakan oleh BSSN tersebut diselenggarakan selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (18/9/2018) besok. Pameran yang diselenggarakan untuk kedua kalinya itu bertujuan memublikasikan hasil kinerja BSSN dan berbagai macam pelayanan publik dari BSSN.

Selaras dengan Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, kegiatan ini mengambil tema “Reformasi Birokrasi BSSN Melaju Menuju Good Governance 2025”.

“Ada tujuh layanan publik juga yang disosialisasikan, yakni pengelolaan informasi dan dokumentasi, layanan pengadaan secara elektronik, museum sandi, layanan keamanan sistem informasi, aduan siber, layanan sertifikat elektronik, dan layanan konsultasi penanggulangan dan pemilihan insiden siber,” ujar Djoko.

Berbagai kegiatan digelar dalam RB Expo BSSN 2018, di antaranya talkshow bertajuk “Komunikasi dalam Pelayanan” dengan menghadirkan praktisi public relation Emilia Basar, dan selebgram Ummu Balqis diseminasi informasi tata nilai dan layanan publik dalam bentuk booth, lomba, doorprize, dan berbagai hiburan lainnya. “Pelaksanaan kegiatan ini untuk internal BSSN saja,” ucapnya.


Editor : Ahmad Islamy Jamil