Cegah Corona, Ternyata Lebih Efektif Cuci Tangan Pakai Sabun daripada Hand Sanitizer

Felldy Utama ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 16:35:00 WIB
Cegah Corona, Ternyata Lebih Efektif Cuci Tangan Pakai Sabun daripada Hand Sanitizer
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan).

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Pemerintah Covid-19, Achmad Yurianto menilai mencuci tangan dengan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer. Menggunakan sabun bisa membersihkan seluruh tangan.

"Lebih penting cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif gunakan sabun dibanding hand sanitizer," ujar Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Menurut Yurianto, jika mencuci tangan menggunakan sabun maka air yang mengalir membasuh seluruh tangan seperti kuku. Apabila menggunakan hand sanitizer hanya membasuh telapak tangan.

"Dengan sabun gunakan air dan bisa membasuh celah-celah kuku. Dibanding hand sanitizer mungkin hanya telapak dan punggung tangan, sedangkan celahnya tidak," kata dia.

Selain itu, dia menambahkan untuk tetap jaga jarak dalam berinteraksi di luar dan di dalam rumah. Jika sakit gunakan masker.
"Kalau ada sakit gunakan masker," ucap dia.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda