Cerita Danjen Kopassus Brigjen TNI Iwan Setiawan Taklukkan Gunung Tertinggi di Dunia

Riezky Maulana · Rabu, 30 Maret 2022 - 07:21:00 WIB
Cerita Danjen Kopassus Brigjen TNI Iwan Setiawan Taklukkan Gunung Tertinggi di Dunia
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Waaslat Kasad bidang Kermamil Brigjen TNI Iwan Setiawan menjadi Danjen Kopassus. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Waaslat Kasad bidang Kermamil Brigjen TNI Iwan Setiawan menjadi Danjen Kopassus. Iwan yang menggantikan Mayjen TNI Widi Praestijono punya cerita menarik. 

Dia lulus dari Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Prajurit kelahiran Bandung ini antara lain pernah menjabat sebagai Danyon 22 Grup 2 Kopassus pada 2018. Di korps ini pula sebuah catatan gemilang pernah diukirnya.

Dia pernah mengharumkan Indonesia di mata dunia. Saat itu dia ikut ekspedisi pendakian ke puncak gunung tertinggi di dunia yang digagas Danjen Kopassus saat itu, Mayjen TNI Prabowo Subianto.

Iwan merupakan satu di antara tiga prajurit Kopassus yang berhasil menancapkan Bendera Merah Putih di puncak Everest. Iwan yang saat itu berpangkat letnan satu menjejakkan kaki di atap dunia bersama Sertu Misirin dan Pratu Asmujiono. 

“Mendaki Gunung Everest adalah impian setiap pendaki di dunia. Dan saat itu saya belum tahu, apa itu Mount Everest. Bayangkan, naik gunung saja belum pernah, terutama gunung es,” kata Iwan dalam wawancara dengan tim Dispenad di akun resmi Youtube TNI AD, pada Jumat Jumat 26 Juni 2020.

Sementara itu, Iwan pecah bintang atau jenderal bintang satu saat menjabat Komandan Danrem 173/Praja Vira Braja pada tahun 2020—2021. Kemudian dia dipromosikan menjadi Waaslat Kasad bidang Kermamil pada 2021—2022.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda