Di Depan Anggota Kabinet, Jokowi: Perasaan Kita Harus Sama, 1 Berbeda Bahaya

Riezky Maulana ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 22:17 WIB
Di Depan Anggota Kabinet, Jokowi: Perasaan Kita Harus Sama, 1 Berbeda Bahaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020). (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id - Jajaran Kabinet Indonesia Maju diminta serius menyikapi situasi krisis saat ini karena dampak wabah virus corona (Covid-19). Para menteri diminta bekerja keras untuk menyikapi kondisi sekarang.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hadapan para menteri saat memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020) yang diunggah melalui akun Youtube. Jokowi meminta para menteri berpikir sama mengenai situasi sekarang sedang krisis di tengah Covid-19.

"Saya melihat masih banyak yang menganggap ini normal, kerja masih biasa-biasa saja. Kita harus sama perasaannya, kalau ada yang berbeda 1 saja akan berbahaya," ujar Jokowi.

Dia mengingatkan kepada para menteri untuk menerapkan kebijakan luar biasa di tengah kondisi krisis. Menurutnya, manajemen krisis dengan saat kondisi normal berbeda.

"Jangan kebijakan yang biasa-biasa saja menganggap ini kenormalan. Apa-apaan in?" ucapnya.

Dia mencontohkan, di bidang kesehatan dianggarkan Rp75 triliun baru dikeluarkan 1,53 persen. Seharusnya dana tersebut segera dikeluarkan dengan tepat sasaran.

"Pembayaran tunjangan untuk dokter, tenaga spesialis segera dikeluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera dikeluarkan," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi