Dokumen KK Pakai Kertas Putih Biasa, Dukcapil Hemat Rp900 Miliar

Dita Angga ยท Minggu, 26 September 2021 - 18:26:00 WIB
Dokumen KK Pakai Kertas Putih Biasa, Dukcapil Hemat Rp900 Miliar
Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah menyebut efisiensi kertas KK berhasil menghemat anggaran Rp900 miliar (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id -  Pelayanan dokumen kependudukan terus bertransformasi. Salah satunya yakni penggunaan kertas untuk dokumen Kartu Keluarga (KK).

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah menyebut jika sebelumnya KK selalu berwarna biru. Saat ini hanya menggunakan kertas putih biasa.

“Dulu dokumen KK berwarna biru sekarang dengan kertas putih biasa dengan TTE (tanda tangan elektronik). Tidak ada lagi cap dan tanda tangan basah,” kata Zudan dalam siaran persnya, Minggu (26/9/2021).

Bahkan saat ini sangat memungkinkan bagi masyarakat untuk mencetak sendiri KK. “Filenya bisa dicetak sendiri semuanya asli tak perlu legalisir. Setiap waktu dibutuhkan bisa di-print out ulang. Semua itu bisa dilakukan karena Dukcapil sudah menghapuskan penggunaan kertas security diganti dengan kertas putih biasa,” tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: