Doni Monardo: Ibu-ibu hingga Anak SD Bisa Digerakkan soal Protokol Kesehatan Covid-19

Binti Mufarida ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 23:35 WIB
Doni Monardo: Ibu-ibu hingga Anak SD Bisa Digerakkan soal Protokol Kesehatan Covid-19

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus mengintensifkan kampanye penerapan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan berharap kampanye tersebut digerakkan ibu-ibu PKK.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo mengajak seluruh tokoh masyarakat, ibu-ibu hingga anak-anak Sekolah Dasar (SD) untuk menggerakkan penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19.

"Nah sekarang bagaimana kita bisa menjabarkan, kita bisa memperbanyak pesan-pesan penting terutama melibatkan tokoh-tokoh yang ada di daerah. Pilihlah orang-orang yang tepat agar masyarakat patuh. Dibutuhkan figur-figur ketauladanan, dibutuhkan orang-orang yang pantas untuk diikuti nasihat-nasihatnya," tuturnya secara virtual, Minggu (9/8/2020).

Doni pun meyakini masyarakat mampu memilih orang yang tepat sebagai figur dalam program perubahan perilaku untuk mencegah Covid-19. Termasuk juga menggerakkan lebih banyak lagi perempuan.

"Biasanya wanita atau perempuan dan ibu-ibu ini justru lebih efektif ketika orang tua berpesan kepada anaknya, kepada mereka yang usianya yang masih lebih muda. Kami yakin ini akan juga sangat efektif," kata mantan danjen Kopassus ini.

Bahkan, menurut Doni anak-anak, terutama pelajar SD juga bisa melakukan kampanye untuk menggerakkan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan. "Karena biasanya kalau pelajar SD ini sudah memahami tentang apa yang menjadi ketentuan dia akan menyampaikan kepada orang tuanya dan ketika orang tuanya tidak patuh atau tidak mau maka anak ini akan menegur orang tuanya," ujarnya.

"Kita enggak bisa hanya mengandalkan satu dua kelompok saja. Tetapi dari seluruh sektor, dari seluruh penjuru harus kita lakukan memilih orang-orang yang tepat termasuk anak-anak dalam perubahan perilaku ini sangat penting sekali," ujar Doni.

Editor : Djibril Muhammad