DPR Berambisi Selesaikan 37 RUU Prolegnas 2020, Salah Satunya RUU Cipta Kerja

Kiswondari, Sindonews ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 17:59 WIB
DPR Berambisi Selesaikan 37 RUU Prolegnas 2020, Salah Satunya RUU Cipta Kerja

Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Perwakilan Rakyat berambisi menyelesaikan 37 rancangan undang-undang (RUU) yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020. Salah satunya RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

Hal itu disampaikan Ketua DPR, Puan Maharani dalam pidato di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Sebanyak 37 RUU ditargetkan selesai dalam Masa Persidangan I DPR tahun 2020-2021 yang berlangsung sejak hari ini sampai 9 Oktober 2020.

Politikus PDIP itu mengatakan komposisi RUU dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2020 itu mengalami perubahan setelah evaluasi antara DPR, DPD, dan pemerintah. Sebanyak 16 RUU dikurangi dari Prolegnas Prioritas Tahun 2020 dan tiga RUU ditambahkan sehingga menjadi 37 RUU.

“Sebanyak 16 RUU dikurangi dari daftar Prolegnas Prioritas Tahun 2020, lalu tiga RUU ditambahkan dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2020, serta dua RUU sebagai pengganti RUU lama yang sudah masuk Prioritas Tahun 2020,” kata Puan.

Puan menjelaskan DPR perlu menyelaraskan antara upaya pencegahan penyebaran covid-19 dengan kebutuhan untuk melaksanakan tugas legislasi secara maksimal. Oleh sebab itu DPR mengesahkan metode rapat terbaru, yaitu rapat secara virtual melalui Peraturan DPR RI Nomor 2/2020 tentang Pembentukan Undang-Undang.

Putri dari Megawati Soekarnoputri itu menuturkan, DPR memahami dinamika saat ini membutuhkan langkah-langkah cepat pemerintah yang kewenangannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Namun, sesuai dengan tugas konstitusional, DPR akan memastikan setiap langkah pemulihan sosial dan ekonomi nasional yang dilakukan telah memenuhi peraturan perundang-undangan, prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, tata kelola yang baik, dan mencegah moral hazard.

“Dalam menjalankan fungsi diplomasi parlemen, DPR melalui pertemuan-pertemuan forum kerja sama antarparlemen yang masih harus dilaksanakan secara virtual terus menyuarakan pentingnya kerja bersama, kolaborasi, dan gotong royong multilateralisme dalam membangun kapasitas serta kapabilitas bersama menghadapi pandemi covid-19 dan ancaman resesi perekonomian global. DPR akan terus melakukan upaya untuk berkontribusi dalam memperjuangkan kepentingan nasional di forum internasional,” katanya.

Editor : Rizal Bomantama