DPR Duga Modus Dugaan Korupsi Asabri Serupa Jiwasraya

Okezone ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 08:56 WIB
DPR Duga Modus Dugaan Korupsi Asabri Serupa Jiwasraya

Anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Modus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Jiwasraya (Persero) dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) diduga sama. Dugaan itu disampaikan anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, patut diduga dugaan kasus korupsi itu dilakukan orang yang sama. "Analisa sementara ada kesamaan pola antara Jiwasraya dan Asabri," katanya di Jakarta, Minggu (19/1/2020).

Menurut pria yang karib disapa Awiek ini, dugaan itu muncul ketika tersiar kabar uang nasabah pada asuransi itu digunakan untuk membeli saham di sebuah perusahaan yang dinilai sedang sehat. "Yakni main saham gorengan dan pelakunya diduga sama," ujarnya.

Awiek mengatakan, Komisi VI DPR berencana memanggil Menteti BUMN Erick Thohir untuk meminta keterangan secara detail ihwal masalah yang sebenarnya terjadi pada BUMN tersebut. "Kami akan memanggil menteri BUMN untuk mengorek keterangan," katanya.

Seperti diketahui, dugaan korupsi di Asabri pertama kali dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud pun menilai dugaan kasus korupsi yang terjadi di Asabri besarannya tidak kalah fantastis jika dibandingkan dengan kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yakni berjumlah di atas Rp10 triliun.

"Ya saya mendengar ada isu korupsi di Asabri yang mungkin itu tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," ucap Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat 10 Januari 2020.


Editor : Djibril Muhammad