DPR Terima Surat Pemindahan Ibu Kota, Besok Dibawa ke Paripurna

Felldy Utama ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 15:36 WIB
DPR Terima Surat Pemindahan Ibu Kota, Besok Dibawa ke Paripurna

DPR menerima surat dari Presiden Jokowi mengenai rencana pemindahan Ibu Kota, Senin (26/8/2019). (Foto: ilustrasi/dok.PUPR).

JAKARTA, iNews.id - Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR mengaku telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait rencana pemindahan Ibu Kota negara. Sesuai yang direncanakan, Ibu Kota akan dipindahkan dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur.

"Iya tadi pagi (Senin pagi) sudah saya terima," kata Sekjen DPR Indra Iskandar di Jakarta, Senin (26/8/2019).

Indra menyampaikan, Kesetjenan DPR telah meneruskan surat tersebut kepada pimpinan DPR. Surat tersebut kini sedang dalam tahap pembahasan antarpimpinan.

"Sedang dibahas sekarang, besok akan dibawa ke paripurna," ujar Indra.

Presiden Joko Widodo mengumumkan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota baru pengganti Jakarta. Ibu Kota itu akan berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini memahami pemindahan ibu kota negara termasuk lokasinya membutuhkan dukungan dan persetujuan DPR, karena itu, pihaknya telah mengirimkan surat ke DPR.

"Oleh sebab itu tadi pagi saya sudah berkirim surat kepada Ketua DPR dengan dilampiri hasil-hasil kajian mengenai calon Ibu Kota baru tersebut," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019) siang.

Editor : Zen Teguh