Fungsi Iklan, Pengertian, Jenis dan Tujuannya

puti aini yasmin ยท Kamis, 24 Februari 2022 - 12:05:00 WIB
Fungsi Iklan, Pengertian, Jenis dan Tujuannya
Ilustrasi iklan

JAKARTA, iNews.id - Iklan menjadi bagian penting dalam ilmu komunikasi. Namun, tahukan kamu apa fungsi iklan? Berikut pengertian, fungsi dan tujuannya lengkap.

Iklan adalah teknik untuk mempromosikan sesuatu produk kepada masyarakat. Melansir buku 'Arif Teman Berlatih dan Belajar Cerdas' terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia, kalimat yang digunakan dalam iklan adalah kalimat yang menarik atau yang mengajak pembaca untuk mengikuti apa yang ditulis.

Apa Fungsi Iklan?

Fungsi iklan adalah menciptakan kesadaran (awareness), menanamkan informasi, mengembangkan sikap atau adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan.

Sementara itu, ada dua jenis fungsi iklan yakni fungsi internasional dan fungsi transforsional. Fungsi iklan internasional adalah iklan memberitahu kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang bakal diperoleh

Kemudian, fungsi iklan transforsional adalah iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, dan teknik-teknik mencapai kesuksesan.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda