Gangguan Jantung, BJ Habibie Dirawat di Rumah Sakit Jerman

Antara ยท Sabtu, 03 Maret 2018 - 17:56 WIB
Gangguan Jantung, BJ Habibie Dirawat di Rumah Sakit Jerman

Presiden ke-3 RI BJ Habibie (tengah) dirawat di rumah sakit, Jerman, karena kesehatannya menurun. (Foto: Sindonews, Okezone/Dok)

JAKARTA, iNews.id – Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie dirawat di rumah sakit karena kesehatannya menurun. BJ Habibie mengalami masalah pada klep jantungnya yang bocor.

Menurut sekretaris pribadi, Rubijanto, Habibie telah tiga hari menjalani perawatan di Klinik Starnberg Muenchen, Jerman. "Mohon bantu doa semoga Bapak BJ Habibie lekas sembuh," ujar Rubijanto, Sabtu (3/3/2018).

Dia menjelaskan, memburuknya kesehatan mantan menteri riset dan teknologi itu bermula pada Selasa (27/2). Saat itu, Habibie sulit bernapas, kemudian langsung diperiksa oleh dokter.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Antar BJ Habibie dengan Mobil RI 1

Tim dokter mendapati klep jantung BJ Habibie bocor yang berakibat penumpukan air pada paru-paru hingga 1,5 liter. Dokter kemudian menyarankan untuk segera menjalani operasi jantung. Namun, Habibie memilih untuk menjalani tindakan dengan menggunakan metode yang lebih canggih.

"Kami memohon agar seluruh masyarakat Indonesia, turut mendoakan agar kondisi kesehatan beliau pulih seperti sedia kala," ujarnya.

Pada Maret 2016 silam, Habibie juga pernah menjalani perawatan karena infeksi bakteri. Saat itu pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Setelah menjalani perawatan medis secara intensif, BJ Habibie akhirnya diperbolehkan pulang oleh dokter, Rabu 9 Febuari 2016.


Editor : Zen Teguh