Gibran-Kaesang Bisa Tiru Kepemimpinan Jokowi di Solo jika Maju Pilkada 2020

Kiswondari ยท Minggu, 28 Juli 2019 - 17:27 WIB
Gibran-Kaesang Bisa Tiru Kepemimpinan Jokowi di Solo jika Maju Pilkada 2020

Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep menemani Presiden Jokowi berbelanja batik di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Sabtu (8/6/2019) lalu. (Foto: Setkab).

JAKARTA, iNews.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespons positif masuknya nama putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, dalam bursa calon wali kota pada Pilkada Serentak 2020. Gibran dan Kaesang dinilai bisa mencontoh Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

“Ya saya kira begini, Kaesang dan Gibran itu anak-anak yang memiliki kualitas yang baik. Dan berpikirnya juga sangat baik. Punya visi lah. Nah untuk itu, boleh-boleh aja kalau betul diinginkan oleh rakyat,” kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding, Minggu (28/7/2019).

Menurut Karding, Gibran dan Kaesang juga tumbuh saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Dengan demikian, keduanya dapat memahami bagaimana cara ayahnya memimpin Kota Solo. Pengetahuan itu bisa menjadi modal bagi mereka jika memang ingin menjadi pemimpin di Solo.

Mantan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ini merasa tidak ada masalah jika mereka berdua atau salah satu maju pilkada tahun depan. Menjadi hak setiap warga negara untuk berpolitik.

“Sebagai warga negara nggak boleh dilarang untuk nyalon (mencalonkan diri) atau dicalonkan,” ucap Karding.

Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo sebelumnya menyebut Gibran dan Kaesang masuk bursa Pilkada Solo 2020-2045. Survei dilakukan di 96 titik dengan delapan responden di masing-masing titik.

“Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri, Suwardi, Kamis (25/7/2019).


Editor : Zen Teguh