Hari Guru Nasional, Jokowi: Dengan Pendidikan Anak Kita Siap Masuki Kompetisi yang Sengit

Rizal Bomantama ยท Jumat, 25 November 2022 - 08:54:00 WIB
Hari Guru Nasional, Jokowi: Dengan Pendidikan Anak Kita Siap Masuki Kompetisi yang Sengit
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini, Jumat (25/11/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini, Jumat (25/11/2022). Dia mengingatkan harapan besar bangsa Indonesia berada di pundak guru yang menjadi tumpuan pendidikan Indonesia.

Menurutnya, guru memiliki peran vital menyiapkan anak-anak Indonesia menghadapi tantangan bangsa.

"Para guru menjadi tumpuan kita untuk mempersiapkan dan menempa anak-anak bangsa menghadapi tantangan dan mewujudkan harapan kita," tulis Jokowi di laman Instagramnya @jokowi, Jumat (25/11/2022).

Jokowi menegaskan tantangan ke depan bangsa Indonesia dan dunia kian berat. Oleh sebab itu guru sangat dibutuhkan untuk mencetak anak bangsa yang siap menghadapi kompetisi sengit.

"Kian ke depan, tantangan kian berat. Hanya dengan pendidikan yang baik, anak-anak kita akan siap memasuki masa depan dengan kompetisi yang sengit," tulis Jokowi.

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari organisasi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi dasar PGI untuk menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta.

Sejarah Hari Guru pun dimulai melalui kongres tersebut. Seluruh organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan, seperti pendidikan, agama, dan sebagainya sepakat untuk dihapus. Di dalam kongres inilah, tepatnya pada 25 November 1945, PGRI didirikan.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda