HUT Bhayangkara ke-74, Penduduk Lahir 1 Juli Bisa Buat SIM Gratis

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 14:08 WIB
HUT Bhayangkara ke-74, Penduduk Lahir 1 Juli Bisa Buat SIM Gratis

Ilustrasi pembuatan SIM. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74, Polri membebaskan biaya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi penduduk yang lahir tanggal 1 Juli. Keputusan itu tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020.

Telegram Kapolri itu ditandatangani langsung oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan kebijakan itu berlaku di Satpas seluruh Indonesia.

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Argo Yuwono kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf mengatakan seluruh polres sudah siap menjalankan kebijakan itu. Layanan SIM gratis ini berlaku untuk pengurusan SIM A dan SIM C.

Untuk mendapatkan pelayanan itu, masyarakat cukup membawa e-KTP asli dan fotokopi, surat keterangan lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

"Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," kata Yusuf.

Editor : Rizal Bomantama