Indonesia Segera Kirim Tim Medis ke Pakistan untuk Bantu Penanganan Bencana

Widya Michella ยท Rabu, 28 September 2022 - 08:49:00 WIB
Indonesia Segera Kirim Tim Medis ke Pakistan untuk Bantu Penanganan Bencana
Presiden Jokowi melepas bantuan untuk Pakistan (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id -Bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia telah tiba di Karachi, Pakistan, Selasa pagi (27/9/2022). Setibanya di Bandar Udara Jinnah, bantuan logistik segera diturunkan dan dilakukan serah terima secara simbolis kepada Pemerintah Pakistan. 

Menko PMK, Muhadjir Effendy ikut mengantarkan bantuan itu kepada Pakistan.  Nantinya, tim medis akan dikirimkan juga untuk membantu masyarakat Pakistan.

“Presiden Joko Widodo juga menyampaikan perhatian yang besar terhadap bencana yang menimpa masyarakat Paksitan. Bencana ini disebabkan oleh hujan lebat yang berdampak banjir besar dan tanah longsor,” ujar Muhadjir dalam keterangan nya, Rabu (28/09/2022). 

Lebih lanjut, Menko PMK Muhadjir menyampaikan akan melaporkan situasi lapangan kepada Presiden Jokowi untuk mendukung rencana bantuan lanjutan. 

Pemerintah Indonesia akan menggandeng berbagai pihak untuk membantu pada tahap pemulihan. Pada awal Oktober ini, Pemerintah Indonesia akan mengirimkan tim medis untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak. 

"Rencana ini masih akan didiskusikan dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Pakistan," kata dia.

Sebagai informasi, dua pesawat jenis Airbus (A)-330 yang dioperasikan Garuda Indonesia tiba di Bandara Jinnah dan langsung dilakukan bongkar muat menuju gudang yang telah disiapkan otoritas Pakistan. Pesawat pertama tiba pukul 09.00 waktu setempat, dan berselang satu jam kemudian pesawat lainnya tiba. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda