Ini Solusi Jokowi Atasi Kekurangan Dokter akibat Wabah Corona

Antara ยท Senin, 13 April 2020 - 13:39:00 WIB
Ini Solusi Jokowi Atasi Kekurangan Dokter akibat Wabah Corona
Presiden Joko Widodo, Kamis (9/4/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 membahas kekurangan dokter dalam penanganan virus corona bersama Presiden Joko Widodo. Hal itu dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Jokowi melalui telekonferensi, Senin (13/4/2020).

Doni mengatakan kekurangan dokter dan tenaga medis terjadi karena jumlah pasien corona di Indonesia semakin banyak dan telah menembus 4.000 orang. Menurutnya pemerintah akan mengambil kebijakan dalam waktu dekat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Solusinya memberikan surat akreditasi dan pelatihan dokter yang jumlahnya mencapai 2.900 orang," kata Doni usai rapat.

Dia mengatakan solusi itu diharapkan mampu membuat dokter yang diberi pelatihan dan surat akreditasi bisa langsung melakukan praktik di lapangan. Jumlah dokter itu akan didukung sekitar 18.000 relawan yang sebagian besar merupakan dokter, perawat, dan petugas laboratorium.

Selain itu Gugus Tugas memastikan telah menyalurkan sekitar 690.000 alat pelindung diri (APD) ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Doni berharap fasilitas itu bisa dimaksimalkan agar dokter yang berpraktik di daerah tidak tertular corona.

"Pemerintah terus berupaya menyediakan APD sebagai modal kesehatan dasar bagi tenaga kesehatan dan masyarakat," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda