Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Menkop Ajak BINUS Kolaborasi Wujudkan Kopdes Merah Putih yang Modern
Advertisement . Scroll to see content

Intip Kebaruan di Bidang Media, Binus Tawarkan Kolaborasi Riset

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:51:00 WIB
Intip Kebaruan di Bidang Media, Binus Tawarkan Kolaborasi Riset
Binus University menawarkan kolaborasi riset untuk menjawab tantangan media massa terkait perubahan perilaku audiens akibat perkembangan teknologi. (Foto: Wiendy Hapsari)
Advertisement . Scroll to see content

HONG KONG, iNews.id - Perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadi salah satu tantangan yang dihadapi pengelola media massa. Terlebih dengan kehadiran kecerdasan buatan (AI) yang punya pengaruh besar dalam proses produksi dan distribusi pemberitaan. 

Perkembangan teknologi tersebut tak pelak menghadirkan sejumlah perubahan terhadap perilaku audiens, mulai dari cara mengonsumsi media, preferensi topik, platform yang dipilih hingga cara penyajian konten. Dinamika yang sedemikian cepat ini membuat para pelaku media perlu selalu mengintai perubahan yang terjadi sekaligus menyusun strategi untuk mengantisipasinya, salah satunya melakukan riset. 

Binus University menawarkan program kerja sama riset yang mengangkat isu-isu terkait media massa. Hal itu dijabarkan dalam program BINUS Media Partnership Program (BMPP) 2024 yang diselenggarakan di Hong Kong pada 25-29 Juni 2024 lalu.

Penelitian tersebut diharapkan bisa membantu pelaku media untuk lebih memahami khalayak sekaligus membantu pengambilan keputusan dalam meningkatkan kualitas produk. 

Direktur Kampus Binus Semarang sekaligus dosen computer science Dr. Fredy Purnomo menyatakan riset diperlukan untuk bisa mengetahui fenomena terbaru dari dunia media massa. Sehingga media dengan cepat dapat merespons hasil penelitian itu. 

“Saat ini media harus peka dengan kebutuhan audiens khususnya dikaitkan dengan teknologi yang berkembang. Misalnya mengetahui soal konten yang menarik atau nggak. Itu secara teknologi ada cara untuk melihat apakah audiens tertarik atau tidak, misalnya melalui pengamatan terhadap pupil mata yang membesar. Itu semua bisa diketahui  melalui riset,” ujar Fredy di Hong Kong, Sabtu (29/6/2024).

Sementara itu, Corporate Marketing Communication General Manager BINUS Group Haris Suhendra menyatakan pihaknya sangat terbuka dengan permintaan topik-topik riset yang dinilai relevan untuk diangkat saat ini. 

“Media lebih tahu apa kebutuhannya, maka kami sangat terbuka untuk sharing soal hal itu,” ujar Haris. 

Selain riset, kata Haris, Binus juga sangat terbuka untuk melakukan kerja sama penulisan artikel popular yang bersumber dari jurnal-jurnal. 

“Biasanya jurnal topiknya selalu baru, maka bagus kalau bisa dipublikasikan kembali di media dengan bahasa yang bisa diterima banyak kalangan,” katanya.  

Selain menawarkan kerja sama penulisan dan penulisan artikel popular, BINUS Media Partnership Program (BMPP) juga dirancang untuk meningkatkan sinergi dalam bidang  event, penyediaan narasumber ahli dari berbagai bidang, program magang bagi mahasiswa serta pemberian pelatihan bagi para pekerja media. Untuk meningkatkan kapasitas, Binus juga menawarkan program beasiswa S1, S2 serta S3 bagi para pekerja media.

Editor: Rizky Agustian

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut